Sabtu, 05 Februari 2011

Perlu Kesungguhan Bangun Sektor Pariwisata Sabang

Pelaku bisnis wisata minta semua pihak agar serius untuk membangun sektor pariwisata di Kota Sabang, Pulau Weh Provinsi Aceh. “Perlu kesungguhan semua pihak untuk memajukan sektor pariwisata Sabang dan yang dibutuhkan adalah program nyata, bukan lagi sekedar janji,” kata seorang pelaku bisnis wisata Sabang Mahyiddin (60) di Banda Aceh, Jumat [11/06]. Hal itu disampaikan menanggapi penetapan Kota Sabang menjadi tujuan wisata oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.

Kota Sabang yang berpendududk sekitar 30 ribu jiwa itu memiliki sejumlah objek wisata potensial, yang tidak hanya dikenal masyarakat lokal, nasional tapi juga wisatawan manca negara.


Mahyiddin yang akrab disapa Dodent, penerima penghargaan lingkungan hidup yakni Kalpataru 2010 itu menyebutkan tanpa keseriusan seluruh elemen masyarakat dan dukungan pemerintah maka sektor pariwisata Sabang tidak akan maju.

“Pemerintah berkewajiban membangun berbagai infrastruktur pendukung dan aturan yang jelas tentang kepariwisataan, sementara dukungan masyarakat kita harapkan adalah kesadaran bahwa usaha pariwisata merupakan lahan pendapatan mereka,” katanya.

Pemerintah juga diharapkan dapat mengalokasikan dana yang cukup untuk membangun berbagai fasilitas pendukung di lokasi-lokasi wisata, misalnya bangunan permanen seperti MCK (mandi-cuci-kakus), jalan raya dan berbagai aturan yang tidak menyulitkan swasta yang ingin berinvestasi, katanya. “Pemerintah juga perlu membuat sebuah aturan yang tidak kaku di lokasi wisata, misalnya di lokasi A khusus diperuntukkan bagi wisman non-Muslim dan B hanya untuk wisatawan lokal beragama Islam,” tambah Dodent.

Di sisi lain, kata dia, masyarakat juga harus jujur dalam mengelola lokasi wisata, misalnya dengan membuka warung-warung aneka makanan khas tapi tidak menjual barang dagangannya dengan harga tinggi kepada pendatang, termasuk tarif angkutan yang wajar dan normal. “Saya yakin para wisatawan yang berkunjung ke suatu wilayah, maka ia akan menghormati adat dan istiadat yang berlaku umum di tempat yang dikunjunginya,” kata dia.

Jika semua pihak berkomitmen nyata dalam memajukan sektor pariwisata, maka ia optimistis potensi alam yang dimiliki Sabang itu akan menjadi primadona dan tujuan utama kunjungan wisatawan ke daerah ini. (ant )

Sumber :
http://beritasore.com/2010/06/11/perlu-kesungguhan-bangun-sektor-pariwisata-sabang/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar