Sabtu, 05 Februari 2011

Kota Sabang

Kota Sabang terletak di Pulau Weh dan merupakan wilayah paling Barat dari Indonesia. Wilayah ini berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia, Thailand dan India. Topografi daerah ini terdiri dari dataran rendah, tanah bergelombang, berbukit dan bergunung, dan batu-batuan di sepanjang pantai.




Struktur perekonomian Kota Sabang ditopang oleh empat sektor ekonomi utama, yaitu sektor perdagangan, hotel dan restoran; sektor bangunan dan konstruksi; sektor pertanian; sektor jasa-jasa. Keempat sektor tersebut memberikan kontribusi hampir mencapai 80 persen terhadap nilai PDRB daerah.

Kota Sabang memiliki dua pelabuhan laut yaitu Pelabuhan Samudra (alam) di Teluk Sabang dan Pelabuhan Ferry di Teluk Balohan. Pelabuhan Samudra digunakan sebagai sarana Pelabuhan Bebas Sabang yang dapat dilabuhi kapal-kapal besar dari berbagai negara. Di daerah ini juga terdapat bandar udara Maimun Saleh, yang melayani jalur penerbangan utama ke bandara Sultan Iskandar Muda di Banda Aceh.



Pulau Weh mempunyai keunikan dan keindahan alam serta tempat bersejarah yang potensial bagi pengembangan pariwisata. Daerah ini memiliki koleksi peninggalan meriam dan benteng kuno untuk wisata sejarah. Beberapa tempat wisata alam yang menarik adalah Taman Laut Rubiah, wisata pantai dan gua pantai.

Potensi sektor pertanian tersebar di dua kecamatan, Sukajaya dan Sukakarya. Tanaman sayur-sayuran yang dominan terdapat di Sukajaya adalah cabe merah dan kacang panjang, sedangkan di Sukakarya adalah bayam dan ketimun. Tanaman buah-buahan yang terbanyak di Sukajaya adalah pepaya dan kelapa, dan di Sukakarya adalah durian dan nangka. Buah pisang relatif merata terdapat di dua kecamatan.

Lihat Peta Lebih Besar


Usaha peternakan di Sukajaya tersebar ternak Sapi, Kambing, Ayam Buras dan Itik; dan di Sukakarya terdapat peternakan Ayam Ras dan Itik. Sebagai wilayah pulau, usaha perikanan di Kota Sabang tersebar di semua kecamatan, sedangkan usaha perdagangan yang memiliki Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) terpusat di Kecamatan Sukakarya.

Sumber :
http://www.cps-sss.org/web/home/kabupaten/kab/Kota+Sabang

Sumber Gambar:

http://masyarakatsabang.blogspot.com/2009/07/peta.html
http://butiran-hikmah.blogspot.com/2010_06_09_archive.html
http://andiwana.wordpress.com/about/
http://deniesacehimages.blogspot.com/2010_01_01_archive.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar